BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
1.2 Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas
yaitu :
a.
Apa pengertian dari statistik ?
b.
Jelaskan variabel penelitian ?
c.
Bagaimana paradigma penelitian ?
d.
Bagaimana proses-proses penelitian ?
e.
Jelaskan peranan statistik dalam penelitian ?
f.
Jelaskan macam-macam statistik ?
g.
Jelaskan macam-macam
daata penelitian ?
h.
Bagaimana pedoman umum memilih teknik statistik ?
1.3 Tujuan
Pembelajaran
Adapun tujuan dari pembelajaran ini adalah :
a.
Mengetahui pengertian dari statistik.
b.
Mengetahui apa itu variable penelitian.
c. Mengetahui bagaimana paradigma penelitian.
d Mengetahui proses-proses penelitian.
E
. Mengetahui peranan statistik dalam penelitian.
f.
Mengetahui macam-macam statistik.
g.
Mengetahui macam-macam data penelitian.
h.
Mengetahui pedoman umum memilih teknik
statistik.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN
STATISTIK
Disadari atau tidak,
statistika telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan sudah
hampir di semua bidang menggunakan metode statistika dalam melakukan
kegiatannya. Penggunaan teknik analisis statistika ternyata mampu memberikan
bantuan yang cukup berarti dalam memperlancar pencapaian tujuan berbagai
kegiatan. Dalam kegiatan penelitian, baik untuk kepentingan ekonomi, akademik
maupun untuk pengambilan keputusan manajemen misalnya, metode statistika mampu
memberikan gambaran persoalan yang diteliti dan bahkan mampu memberikan
prediksi dan rekomendasi terhadap kondisi-kondisi yang mungkin muncul berkaitan
dengan masalah yag dihadapi.
Secara etimologis kata statistika
berasal dari kata status (bahasa
latin) atau kata staat (bahasa
belanda); dalam bahasa Indonesia kata tersebut diterjemahkan menjadi Negara. Dalam kamus bahasa Indonesia, statistika diartikan dalam
dua arti, statistika sebagai ilmu statistika dan kedua statistika diartikan
sebagai "ukuran yang diperoleh atau berasal dari sampel", yaitu
sebagai lawan dari kata parameter yang berarti ukuran yang diperoleh atau
berasal dari populasi. Dalam hal pengertian sebagai ukuran yang diperoleh dari
sampel sering disebut dengan istilah statistik.
Statistik diartika sebagi kumpulan fakta yang terbentuk
angka- angka yang disusun dalam bentuk
daftar atau tabel yang menggambarkan suatu persoalan. Menurut Sudjana (1986:3),
kata statistik dipakai untuk menyatakan kumpulan data bilangan, maupun bilangan
yang disusun dalam tabel atau diagram yang melukiskan atau menggambarkan suatu
persoalan.
Lebih lanjut. Sadjana
(1986:3) didefinisikan statistika sebagai pengetahuan yang berhubungan dengan
cara-cara mengumpulkan data, pengelolahan atau penganalisisannya dan penarikan
kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang telah dilakukan.
Statistika dapat diartikan sebagi ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang
bagaimana cara kita mengumpulkan, mengelolah, menganalisis dan
menginterpretasikan data sehingga dapat disajikan dengan lebih baik dan dapat
ditarik kesimpulan.
·
Statistika
adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan,
menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.
Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data.
·
Statistik adalah
kumpulan data dalam bentuk angka maupun bukan angka yang disusun dalam bentuk
tabel (daftar) dan atau diagram yang menggambarkan atau berkaitan dengan suatu
masalah tertentu.
Contoh :
a. Statistik penduduk adalah kumpulan angka-angka yang
berkaitan dengan masalah penduduk.
b. Statistik ekonomi adalah kumpulan angka-angka yang
berkaitan dengan masalah ekonomi.
Beberapa pandangan lain tentang pengertian statistik
dari para ahli:
1) Statistik adalah cara untu mengolah data dan
menarik kesimpulan-kesimpulan yang teliti dan keputusan-keputusan yang logik
dari pengolahan data. (Prof.Drs.Sutrisno Hadi,MA).
2) Statistik adalah sekumpulan cara maupun
aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan(Analisis),
penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan
suatu asumsi-asumsi tertentu. (Prof.Dr.H.Agus Irianto).
3) Statistik adalah ilmu yang mempelajari tentang
seluk beluk data, yaitu tentang pengumpulan, pengolahan, penganalisisa,
penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka. (Ir.M.Iqbal
hasan,MM).
4) Statistik adalah metode yang memberikan
cara-cara guna menilai ketidak tentuan dari penarikan kesimpulan yang bersifat
induktif. (Stoel dan Torrie).
5) Statistik adalah metode/asas-asas
mengerjakan/memanipulasi data kuantitatif agar angka-angka tersebut berbicara.(Anto
dajan).
6) Statistik diartikan sebagai data kuantitatif baik
yang masih belum tersusun maupun yang telah tersusun dalam bentuk table. (Anto
dajan).
7) Statistik adalah studi informasi dengan
mempergunakan metodologi dan teknik-teknik perhitungan untuk menyelesaikan
permasalahan-permasalahan praktis yang muncul di berbagai bidang. (Suntoyo
Yitnosumarto)
Jadi secara singkat statistik dapat
diartikan, sebagai cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan,
pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka-angka,
dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu. Sedangkan pengetahuan yang
membicarakan tentang cara-cara ini disebut statistika.
Sedangkan Ssatistika adalah pengetahuan yang berkaitan dengan metode,
teknik atau cara mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menginterprestasikan
data untuk disajikan secara lengkap dalam bentuk yang mudah dipahami penggunan
2.2 VARIABEL
PENELITIAN
a.
Definisi
variable
adalah karakteristik yang akan diobservasi dari satuan pengamatan.
Karakteristik yang dimiliki satuan pengamatan keadannya berdeda-eda (berubah-ubah) atau memiliki
gejala yang bervariasi dari satu satuan pengamatan ke satu satuan pengamatan
lainnya. Untuk satuan pengamatan yang sama karakteristiknya berubah menurut
waktu dan tempat.
Al
Rasyid (1993) lebih tegas menyebutkan bahwa variable adalah karakterristik yang
dapat diklasifikasikan kedalam
sekurang-kurangnya du kali klasifikasi (kategori) yang berbeda atau yang dapat
memberikan sekurang-kurangnya dua hasil pengukuran atau perhitungan yang nilai
numeriknya berbeda. Contoh: Gender diklasifikasikan kedalam dua klasifikasikan,
yaitu laki-laki dan perumpuan; Pekerjaan diklasifikasikan kedalam beberapa kategori,
yaitu PNS, Petani, Pedagang , dan sebagainya.
Variabel
diklasifikasikan menjadi dua yaitu: Variabel kualitatif dan variable
kuantitatif. Variabel kualitatif (qualitative
variable) Merupakn variable kategori. Misalnya: Jenis pekerjaan orang
(sopir, bisnisman, guru), displin karyawan (bagus, jelek, sedang), jabatan
dalam perusahaan (supervisor, manajer, kepala bagian). Variabel kualitatif
adlah variable dengan skala nominal dan ordinal.
Variabel
kuantitatif (quantitative variable)
disebut pula variable numeric diklasifikasikan menjadi dua jeni, yaitu:
variable diskret (discrete variable)
dan variable kontinu (continous variable).
Variabel diskret merupakan variable yang besarannya tidak dapat menempati semua
nila. Nilai variable diskret selalu berupa bilangan bulat dan umumnya diperoleh
dari hasil pencacahan/menghitung/membilang. Contoh: Jumlah kantor pos yang ada
di Jakarta tahun 2010 berjumlah 175 kantor pos, jumlah yang melahirkan I kota
Bogor tahun 2005 adalah 100.000 orang.
Variabel
kontinu merupkan variable yang besarannya dapat menempati semua nilai yang ada
diantara dua titik dan umumnya diperoleh dari hasil pengukuran. Sehingga pada
variable kontinu dapat dijumpai nilai-nilai pecahan atau nilai-nilai bulat.
Contoh tinggi badan Ari adalah 170,50 cm.
Istilah
variabel dapat diartikan bermacam – macam. Dalam tulisan ini variable diartikan
sebagai segala sesuatu yang akan menjadi objek pengamatan penelitian.
Sering pula dinyatakan variabeL penelitian itu sebagai faktor-faktor yang
berperan dalam peristiwa atau gejala yang akan diteliti.
Variabel
dilihat dari segi proses kuantifikasi dibedakan menjadi sebagai berikut:
v Variabel Nominal, yaitu variabel yang ditetapkan
berdasar atas proses penggolongan; variabel ini bersifat diskret dan saling
pilah (mutually exclusive) antara kategori yang satu dan kategori yang
lain; contoh: jenis kelamin, status perkawinan, jenis pekerjaan
v Variabel Ordinal, yaitu variabel yang disusun
berdasarkan atas jenjang dalam atribut tertentu. Jenjang tertinggi biasa diberi
angka 1, jenjang di bawahnya diberi angka 2, lalu di bawahnya di beri angka 3
dan seterusnya. (ranking)
v Variabel Interval, yaitu variabel yang dihasilkan dari
pengukuran, yang di dalam pengukuran itu diasaumsikan terdapat satuan (unit)
pengukuran yang sama. Contoh: variabel interval misalnya prestasi
belajar, sikap terhadap sesuatu program dinyatakan dalam skor, penghasilan dan
sebagainya.
v Variabel ratio, adalah variabel yang
dalam kuantifikasinya mempunyai nol mutlak. (Drs. Sumadi Suryabrata
.Metologi Penelitian. hal. 26-27)
Menurut fungsinya dibedakan menjadi :
·
Variabel Tergantung (Dependent Variabel) : Yaitu kondisi atau
karakteristik yang berubah atau muncul ketika penelitian mengintroduksi,
pengubah atau mengganti variabel bebas. Menurut fungsinya variabel ini
dipengaruhi oleh variabel lain, karenanya juga sering disebut variabel yang
dipengaruhi atau variabel terpengaruhi. Variabel ini sering disebut sebagai
variabel output, Kriteria, Konsekuen. Atau dalam bahasa Indonesia sering
disebut Variabel terikat. Dalam SEM (Structural Equation Modeling)
variabel dependen disebut variabel Indogen.*
·
Variabel Bebas ( Independent Variabel) : Adalah kondisi-kondisi
atau karakteristik-karakteristik yang oleh peneliti dimanipulasi dalam
rangka untuk menerangkan hubungannya dengan fenomena yang diobservasi. Karena
fungsi ini sering disebut variabel pengaruh, sebab berfungsi mempengaruhi
variabel lain, jadi secara bebas berpengaruh terhadap variabel lain. Variabel
ini juga sering disebut sebgai variabel Stimulus, Prediktor,
antecendent. Dalam SEM(Structural Equation Modeling) variabel
independen disebut variabel eksogen.
·
Variabel Intervening : Variabel intervenig adalah variabel yang secara
teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan Variabel dependen
menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur.
Variabel ini merupakan variabel penyela/antara yang terletak di antara variabel
independen dan dependen, sehingga variabel independen tidak langsung
mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel dependen. Variabel Intervening
juga merupakan variabel yang berfungsi menghubungkan variabel satu dengan
variabel yang lain. Hubungan itu dapat menyangkut sebab akibat atau hubungan
pengaruh dan terpengaruh.
·
Variabel Moderator : Dalam mengidentifikasi variabel moderator dimaksud
adalah variabel yang karena fungsinya ikut mempengaruhi variabel tergantung
serta meperjelas hubungan bebas dengan variabel tergantung.
·
Variabel kendali : Yaitu yang membatasi (sebagai kendali) atau mewarnai
variabel mederator. Variabel ini berfungsi sebagai kontrol terhadap variabel
lain terutama berkaitan dengan variabel moderator jadi juga seperti
variabel moderator dan bebas ia juga ikut berpengaruh terhadap variabel
tergantung
·
Variabel Rambang : Berlainan dengan variabel bebas, yaitu fungsinya
sangat diperhatikan dalam penelitian. Variabel rambang yaitu variabel yang
fungsinya dapat diabaikan atau pengaruhnya hampir tidak diperhatikan terhadap
variabel bebas maupun tergantung. (Drs.Colid Narbuko,Drs.H Abu Achmadi.2004.Metode
Penelitian. Jakarta:Bumi Aksara Hal.119-120)
2.3 PARADIGMA PENELITIAN
Secara umum pendekatan penelitian atau sering juga disebut paradigma
penelitian dapat dikelompokan menjadi paradigma penelitian kuantitatif dan
penelitian kualitatif. Paradigma adalah seperangkat asumsi
tersurat dan tersirat yang menjadi gagasan-gagasan ilmiah (Ihalauw, 2004).
Lebih lanjut dijelaskan bahwa paradigma bukan masalah salah atau benar,
melainkan lebih memberikan manfaat atau kurang bermanfaat sebagai sebuah cara
pandang terhadap sesuatu. Perbedaan anatar kualitatif dan kuantitatif ini
dibedakan oleh paradigma yang masing-masing menjadi kesepahaman para ahli-ahli
pengikutnya. Banyak tulisan telah membahas apa-apa saja yang membedakan antara
keduanya. Salah satunya disajikan pada Tabel di bawah ini.
Asumsi
|
Pertanyaan
|
Kuantitatif
|
Kualitatif
|
Ontologis
|
Apa realitas?
|
Obyektif, tunggal, terpisah dari peneliti
|
Subyektif, ganda, seperti
yang dilihat penelti
|
Episto-mologis
|
Hubungan peneliti dengan objek?
|
Peneliti independen
|
Peneliti berinteraksi
dengan yang diteliti
|
Aksiologis
|
Peranan nilai ?
|
Bebas nilai dan tidak bias
|
Terikat nilai dan bias
|
Retorik
|
Bahasa penelitian?
|
· Formal;
· melibatkan seperangkat definisi
|
· Informal;
· melibatkan keputusan-keputusan
|
Metodologis
|
Proses penelitian?
|
·Deduktif;
·Hubungan sebab akibat;
·Rancangan statis;
·Bebas konteks;
·Generalisasi yang mengarah prediksi, eksplorasi,
pemahaman;
·Akurasi & reliabel lewat uji
|
· Induktif;
· Faktor
terbentuk secara silmutan timbal balik;
· Rencana
berkembang;
· Terikat
konteks;
· Pola
& teori untuk pemahaman;
· Akurasi & reliabel lewat
pembuktian
|
Secara
sederhana yang membedakan keduanya ialah penelitian berparadigma kualitatif
menekankan pada proses, sedangkan penelitian berparadigma kuantitatif
menekankan pada produk. Sekali lagi, pandangan tersebut memberi gambaran tegas
perbedaan antara kualitatif dengan kuantitatif
2.4 PROSES
PENELITIAN
Yang
dibutuhkan dalam penelitian adalah adanya prosedur secara sistematis, yaitu
sebagi langkah-langkah untuk memudahkan melakukan penelitian. Langkah-langkah
ini paling starategis dalam penelitian, yaitu:
1 .Mengidentifikasi Masalah
2. Membuat Hipotesa
3. Studi Literature
4. Mengidentifikasi dan Menamai
Variabel
5. Membuat Definisi Operasional
6. Memanipulasi dan Mengontrol Variabel
7. Menyusun Desain Penelitia
8. Mengidentifikasi dan Menyusun Alat
Observasi dan Pengukuran
9. Membuat Kuesioner dan Jadwal Interview
10. Melakukan Analisa Statistik
11. Menggunakan Komputer untuk Analisa
Data
12. Menulis Laporan Hasil Penelitian
1. Mengidentifikasi
Masalah
Yang dimaksud dengan mengidentifikasi
masalah ialah peneliti melakukan tahap pertama dalam melakukan penelitian,
yaitu merumuskan masalah yang akan diteliti. Tahap ini merupakan tahap yang
paling penting dalam penelitian, karena semua jalannya penelitian akan dituntun
oleh perumusan masalah. Tanpa perumusan masalah yang jelas, maka peneliti akan
kehilangan arah dalam melakukan penelitian.
2 Membuat Hipotesa
Hipotesa merupakan jawaban sementara
dari persoalan yang kita teliti. Perumusan hipotesa biasanya dibagai menjadi
tiga tahapan: pertama, tentukan hipotesa penelitian yang didasari oleh asumsi
penulis terhadap hubungan variable yang sedang diteliti. Kedua, tentukan
hipotesa operasional yang terdiri dari Hipotesa 0 (H0) dan Hipotesa 1 (H1). H0
bersifat netral dan H1 bersifat tidak netral. Perlu diketahui bahwa tidak semua
penelitian memerlukan hipotesa, seperti misalnya penelitian deskriptif. Untuk
penjelasan lebih lanjut mengenai masalah ini akan dibahas pada BAB V.
3. Studi Literature
Pada tahapan ini peneliti melakukan apa
yang disebut dengan kajian pustaka, yaitu mempelajari buku-buku referensi dan
hasil penelitian sejenis sebelumnya yang pernah dilakukan oleh orang lain.
Tujuannya ialah untuk mendapatkan landasan teori mengenai masalah yang akan diteliti.
Teori merupakan pijakan bagi peneliti untuk memahami persoalan yang diteliti
dengan benar dan sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah.
4. Mengidentifikasi
dan Menamai Variabel
Melakukan identifikasi dan menamai
variable merupakan salah satu tahapan yang penting karena hanya dengan mengenal
variabel yang sedang diteliti seorang peneliti dapat memahami hubungan dan
makna variable-variabel yang sedang diteliti.
5. Membuat Definisi
Operasional
Definisi operasional adalah definisi
yang menjadikan variable-variabel yang sedang diteliti menjadi bersifat
operasional dalam kaitannya dengan proses pengukuran variable-variabel
tersebut. Definisi operasional memungkinan sebuah konsep yang bersifat abstrak
dijadikan suatu yang operasional sehingga memudahkan peneliti dalam melakukan
pengukuran.
6. Memanipulasi dan
Mengontrol Variabel
Yang dimaksud dengan memanipulasi
variable ialah memberikan suatu perlakuan pada variable bebas dengan tujuan
peneliti dapat melihat efeknya bagi variable tergantung atau variable yang dipengaruhinya.
Sedang yang dimaksud dengan mengontrol variable ialah melakukan kontrol
terhadap variable tertentu dalam penelitian agar variable tersebut tidak
mengganggu hubungan antara variable bebas dan variable tergantung.
7. Menyusun Desain
Penelitian
Apa yang dimaksud dengan menyusun
desain penelitian? Desain penelitian khususnya dalam penelitian yang
menggunakan pendekatan kuantitatif merupakan alat dalam penelitian dimana
seorang peneliti tergantung dalam menentukan berhasil atau tidaknya suatu penelitian
yang sedang dilakukan. Desain penelitian bagaikan alat penuntun bagi peneliti
dalam melakukan proses penentuan instrumen pengambilan data, penentuan sample,
koleksi data dan analisanya. Tanpa desain yang baik maka penelitian yang
dilakukan akan tidak mempunyai validitas yang tinggi.
8. Mengidentifikasi
dan Menyusun Alat Observasi dan Pengukuran
Yang dimaksud pada bagian ini ialah
tahap dimana seorang peneliti harus melakukan identifikasi alat apa yang sesuai
untuk mengambil data dalam hubungannya dengan tujuan penelitannya. Pada
penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif biasanya peneliti
menggunakan kuesioner, khususnya dalam penelitian-penelitian jenis Ex Post
Facto.
9. Membuat Kuesioner
dan Jadwal Interview
Dalam penelitian yang menggunakan pendekatan
kuantitatif, kuesioner merupakan salah satu alat yang penting untuk pengambilan
data; oleh karena itu, peneliti harus dapat membuat kuesioner dengan baik. Cara
membuat kuesioner dapat dibagi dua, yaitu dari sisi format pertanyaan dan model
jawaban. Disamping kuesioner, alat pengambilan data juga dapat dilakukan dengan
interview. Cara-cara melakukan interview diatur secara sistematis agar dapat
memperoleh informasi dan/atau data yang berkualitas dan sesuai dengan yang
diinginkan oleh peneliti.
10. Melakukan Analisa
Statistik
Salah satu cirri yang menonjol dalam
penelitian yang menggunanakan pendekatan kuantitatif ialah adanya analisa
statistik. Analisa statistik digunakan untuk membantu peneliti mengetahui makna
hubungan antar variable. Sampai saat ini, analisa statistik merupakan
satu-satunya alat yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah untuk
menghitung besarnya hubungan antar variable, untuk memprediksi pengaruh
variable bebas terhadap variable tergantung, untuk melihat besarnya pesentase atau
rata-rata besarnya suatu variable yang kita ukur.
11. Menggunakan
Komputer untuk Analisa Data
Dengan berkembangnya teknologi komputer
yang semakin canggih dan dituntutnya melakukan penelitian secara lebih cepat
serta kemungkinan besarnya jumlah data, maka seorang peneliti memerlukan
bantuan komputer untuk melakukan analisa data. Banyak perangkat lunak yang
telah dikembangkan untuk membantu peneliti dalam melakukan analisa data, baik
yang bersifat pengelohan data maupun analisanya. Salah satu program yang
popular ialah program SPSS.
12. Menulis Laporan
Hasil Penelitian
Tahap terakhir dalam penelitian ialah
membuat laporan mengenai hasil penelitian secara tertulis. Laporan secara
tertulis perlu dibuat agar peneliti dapat mengkomunkasikan hasil penelitiannya
kepada para pembaca atau penyandang dana.
2.5 PERAN
STATISTIK DALAM PENELITIAN
1.
Peranan Stasistik Dalam Penyusunan Model Teoritis
Dalam usaha
memecahkan masalah penelitian, mula-mula orang belum mempunyai gambaran yang
jelas dan detail mengenai keadaan sesungguhnya. Berdasarkan penalaahan
keputusan, apa yang dimilikinya adalah gambaran garis besar, gambaran mengenai
pokok-pokonya, yang merupakan abstrak dari keadaan yang sesungguhnya. Peneliti
mengimajinasikan pokok-pokok masalah dan jaln pemecahan. Gambaran hasil
imajinasi inilah yang biasas disebutkan model teoritis penelitian itu. Dewasa
ini model yang paling banyakdigunakan adalah matematis, yaitu model yang
menggunakan hokum-hukummatematis, yaitu model sebagai dasarnya. Model matematis
ini mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan model non-matematis
2.
Peranan Stasistik Dalam Perumusan
Peranan
statistic sebagai pernyataan yang menujukan pertautan antara dua variable atau
lebih itu sebenarnya adalah perumusan menurut model matematis. Selanjutnya
perumusan-perumusan hipotesis dalam hipotesis alternative dan hipotesis nol
adalah konsep dalam statistic. Hipotesis nol dirumuskan atas dasar teoritis
probabilitas. Karenaitu pemahaman terhadap konsep-konsep dasar
mengenai teori ini akan sangat membantu sesorang untuk merumuskan hipotesisnya
secara lebih cermat.
3.
Peranan Statistik Dalam Pengembangan Alat Pengambilan datacomp
Sebelum
seseorang menggunakan suatu alat pengambil data, dia harus mempunyai kepastian
bahwa alat yang digunakannya itu mempunyai taraf reliabilitas dan taraf
validitas yang diperlukan. Untuk menguji kualitas alat pengambil data itu cara
yang terbaik ialah dengan menerapkan metode-metode statistic tertentu. Dan
untuk tujuan ini dalam bidang statistic telah dikembangkan banyak metode atau
teknik. Berbagai teknik tersebut biasa disajikan di bawah judul Reliabilitasi
dan Validitas.
4.
Peranan Statistika Dalam penyusuanan Rancangan Penelitian
Keunggualan dan
kekurangan yang terletak pada masing-masing rancangan yaitu keunggulan dan
kekurangan dilihat dari sudut pertimbangan statistic. Hal demikina karan dengan
cara itulah peneliti dapat mengetrahui kekuatan dan keterbatasan penelitian
yang dilakukansebagai uapaya untuk mendapatkan pengetahuan yang benar mengenai
masalahyang sedang ditelitinya.
5.
Peranan Statistik Dalam Penentuan Sampel Penelitian
Tujuan teknik
penentuan sample yaitu Agar diperoleh sample yang representative bagi
populasinya. Penggunaan teknik-teknik tersebut hanya sah kalu
asumsi-asumsi yang mendasrinya terpenuhi, namun tidak dapat diingakari bahwa
bagian statistik ini telah banyak membantu para peneliti dakam melakukan
kegiatannya.
6.Peranan
Statistik Dalam pengelohan dana Analisis data
·
Statisitik telah membantu mengambangk teknik-teknik untuk
mengklasifikasi data dan menyajikan data yang sangat mebantu para peneliti
·
Statistik juga telah mengambangakan teknik-teknik perhitungan
harga-harga tertentu.
·
Statistik telah dikembangakan berbagai metode untuk menguji
hipotesis
(http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/194009051964031-SUTARYAT_TRISNAMANSYAH/PERAN_STATISTIK_DALAM_PENELITIAN.pdf)
2.6
FUNGSI dan KEGUNAAN STATISTIKA
a.
Fungsi Statistika
Statistika membantu
seseorang untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisa, dan menyimpulkan
hasil-hasil yang telahh dicapai dalam kegiatan tertentu. Dalam hal ini
statistika merupakan alat bantu. Sedangkan menurut Hasan (2008). Statistika berfungsi
sebagai:
1.
Bank data, yaitu
meyediakan data untuk diolah dan diinter pretasikan agar dapat dipakai
menerangkan keadaan yang perlu diketahui atau diungkap;
2.
Alat quality control,
yaitu sebagai alat pembantu standarrisasi dan sekaligus sebagi alat pengawas;
3.
Pemecah masalah dan
pembuatan keputusan sebagi dasar penetapan kebijakan dan langkah lebih lanjut
untuk mempertahankan dan mengembangkan suatu lembaga dalam pemberian pelayan
dan sebaginya.
b. Kegunaan Statistika
Menurut Sudjiyono (2006), banyak manfaat dan kegunaan
dari statistika yaitu;
1.
Memperoleh gambaran,
baik gambaran secara umum maupun secara khusus tentang suatu gejala, peristiwa
atau obyek.
2.
Mengikuti
perkembangan atau pasang surut mengenai gejala, keadaan, atau peristiwa dari
waktu kewaktu
3.
Melakukan pengujian
apakah gejala yang satu berbeda dengan gejala yang lainnya ataukah tidak; jika terdapat perbedaan apakah perbedaan itu
merupakan perbedaan yang berarti(menyakinkan) atau kah perbedaan itu terjadi
hanya karna kebetulan.
4.
Mengetahui apakah
gejala yang satu ada hubungan dengan gejala yang lainnya.
5.
Menyusun laporan yang
berupah data kuantitatif dengan teratur, ringkas dan jelas.
6.
Menarik kesimpulan
secara logis, mengambil keputusan secara tepat dan mantap, serta dapat
memperkirakan atau meramalkan hal-hal yang mungkin tejadi di masa mendatang.
2.7 MACAM-MACAM STATISTIK
Ada dua macam
statistika yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika
deskriptif berkenaan dengan deskripsi data misal dari menghitung rata-rata dan
varians dari data mentah, mendeksripsikan menggunakan tabel – tabel atau grafik
sehingga data mentah lebih mudah “dibaca” dan lebih bermakna. Sedangkan
statistika inferensial lebih dari itu misal melakukan pengujian hipotesis
melakukan prediksi observasi masa depan atau membuat model regresi.
1.
Statistika
Deskriptif
Statistika deskriptif disebut pula statistika
deduktif, merupakan bagian dari statistika yang mempelajari cara pengumpulan
data dan penyajian data sehingga mudah dipahami.
Statistika deskriptif hanya berhubungan dengan hal
menguraikan atau memberikan keterangan-keterangan mengenai suatu data atau
keadaan atau fenomena. Dengan kata lain, statistika deskriptif hanya berfungsi
menerangkan keadaan, gejala, atau persoalan. Berikut ini contoh-contoh
pernyataan yang termasuk dalam cakupan statistika deskriptif.
a.
Sekurang-kurangnya 10 % dari semua kabakaran di sebuah kota tertentu yang
dilaporkan setiap tahun yang diakibatkan oleh tindakan-tindakan sengaja yang
tidak bertanggung jawab.
b.
Sebanyak 50 % diantara semua pasien yang menerima suntikan obat, ternyata
kemudian menderita efek samping obat itu.
Penarikan
kesimpulan pada statistika deskriptif (jika ada ) hanya ditunjukkan pada
kumpulan data yang ada didasarkan atas ruang lingkup bahasanya, statistika
deskriptif mencukup hal berikut :
1.
Penyajian data dalam bentuk table, seperti : table tunggal , tabel
kontigensi, maupun tabel distribusi, frekuensi;
2.
Penyajian data bentuk grafik
seperti : diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran, diagram pencar,
diagram peta (kartogram),diagram symbol (
pictogram ), maupun diagram yang disajikan dari tabel distribusi
frekuensi,yaitu : histogram, polygon frekuensi, dan ogiver.
3.
Ukuran nilai pusat dan letak,seperti : perata, median, modus, varian,
simpangan baku, kuartil, desil, persentil, dan sebaginya ;
4.
Ukuran despersi atas simpangan, seperti :jangkauan atau rentang, rataan
simpangan, variansi, simpangan baku, dan sebagainya ;
5.
Model distribusi data, yaitu : kemencengan dan keruncingan kurva
distribusi.
6.
Angka indeks
7.
Time series/ deret waktu /data berkala.
2.
Statistika
Inferensial
Statistika inferensial
disebut pula statistika induktik adalah bagian dari statistika yang mempelajari
mengenai penafsiran dan penarikan kesimpulan yang berlaku secara umum dari data
sampel yang tersedia. Statistika inferensial berhubungan dengan pendugaan
populasi dan pengujian hipotesis dari suatu data atau keadaan atau fenomena.
Dengan kata lain, statistika inferensial
berfungsi meramalkan dan mengontrol keadaan atau kejadian. Berikut ini
contoh-contoh pernyataan yang mencakup pernyataan yang termasuk dalam cakupan
statistika inferensial.
a.
akibat penuruan
produksi minyak oleh Negara-negara penghasilan minyak dunia, diramalkan harga
minyak akan menjadi 2 kali lipat pada tahun-tahun yang akan datang.
b.
Dengan mengansumsikan
bahwa kerusakan tanaman kopi jenis Arabica kurang dari 30 % akibat musin dingin
yang lalu maka harga kopi jenis tersebut diakhir tahun nanti tidak akan lebih
dari Rp. 50.000 sen per satu kilogram.
Penarikan kesimpulan pada statistika
inferensial ini merupakan generalisasi dari suatu populasi berdasarkan data
(sampel) yang ada. Statistikla inferensial biasanya untuk membuat generalisasi
dari kaitan antara 2 (dua) atau lebih fenomena atau variabel. Secara garis
besar kaitan antara dua atau lebih fenomena atau variabel dapat dibedakan atas
dua bentuk kaitan, yaitu asosiasi ( hubungan) dan komparasi (perbandingan).
Sedangkan ditinjau dari teknik uji
statistika yang dapat digunakan, statistic inferensial dapat dibedakan atas :
statiska parametrik dan statistika non
parametrik. Statistika parametric merupakan teknik uji statistika yang
dilakukan terhadaap parameter dari suatu variabel/objek secara langsung. Sedangkan statistika non
parametric merupakan teknik uji statistika dilakukan terhadap sisi lain dari
parameter suatu variabel / objek yang akan dikaji. Misalkan akan dikaji tentang
variabel “tinggi badan mahasiswa” , maka jika data yang dianalisis dalam uji
statistika adalah ukuran dari tinggi badan secara langsung, hal tersebut
merupakan ukuran parametric; sedangkan apabila kajian terhadap tinggi badan mahasiswa
tersebut, dilakukan dengan cara mengkaji urutan atau peringkat / rangking dari
tinggi badan mahasiswa, hal ini menunjukkan ukuran non parametric. Karena
peringkat tinggi badan merupakan “sisi lain” dari “ukuran” tinggi badan.
Untuk ini , maka ruang lingkup bahasan
statistika inferensial secara sederhana dapat dikelompokkan atas :
1.
Uji persyaratan
analisi (uji pelanggaran klasik), seperti : uji normalitas, uji homogenitas,
uji kelinearan, uji multikolinealitas dan lainnya;
2.
Uji hipotesis asosiasi,seperti
: uji korelasi, uji regresi, uji analisis jalur ( path analysis ), dan uji
kanonikal;
3.
Uji hipotesis
komperasi, seperti : uji-t untuk uji beda 2 kelompok data ,uji- Tukey ,ANAVA
(Analysis Varian), ANAKOVA ( Analysis Kovarian), MANOVA (Mutivariat Analysis Of
Varians), dan MANCOVA ( Multivariat analysis of Covarians).
2.7 BERBAGAI MACAM DATA PENELITIAN
Data
merupakan fakta empirik yang sudah dikumpulkan oleh peneliti untuk memecahkan
masalah / menjawab pertanyaan penelitian. Data penelitian bisa berasal dari
berbagai hal yang dikumpulkan dengan memakai berbagai teknik selama proses
penelitian berlangsung. Berikut jenis data penelitian :
1. Data berdasarkan sumbernya
Berdasarkan sumbernya, data penelitian bisa
dikelompokkan ke dalam 2 jenis yakni data primer serta data sekunder.
a. Data
primer merupakan data yang didapat / dikumpulkan oleh peneliti dengan cara
langsung dari sumbernya. Data primer biasanya disebut dengan data asli / data
baru yang mempunyai sifat up to date. Untuk memperoleh data primer, peneliti
wajib mengumpulkannya secara langsung. Cara yang bisa digunakan peneliti untuk
mencari data primer yaitu observasi, diskusi terfokus, wawancara serta
penyebaran kuesioner.
b.
Data sekunder
merupakan data yang didapat/ dikumpulkan peneliti dari semua
sumber yang sudah ada dalam artian peneliti sebagai tangan kedua. Data sekunder
bisa didapat dari berbagai sumber misalnya biro pusat statistik yang biasanya
disingkat dengan BPS, jurnal buku, laporan dan lain sebagainya. Pemahaman pada
ke 2 jenis data di atas dibutuhkan sebagai landasan untuk menentukan cara dan
langkah-langkah pengumpulan data penelitian.
2.
Data berdasarkan
sifatnya
berdasarkan sifat dan bentuknya, data
penelitian bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu data kualitatif ( data yang
berbentuk kata – kata atau kalimat ) dan data kuantitatif ( data yang berbentuk
angka ). Data kuantitatif bisa dikelompokkan berdasarkan teknik mendapatkannya
yakni data diskrit serta data kontinum. Data berdasarkan sifatnya, data
kuantitatif tersusun atas data nominal, data interval, data rasio dan data
ordinal.
a.
Data kualitatif =
data kualitatif merupakan data yang berbentuk kalimat bukan berbentuk angka.
Data kualitatif didapat melalui berbagai jenis cara pengumpulan data seperti
analisis dokumen, wawancara, diskusi terfokus, / observasi yang sudah
dituangkan ke dalam catatan lapangan / transkrip. Bentuk lain dari data
kualitatif adalah foto yang didapat melalui pemotretan / rekaman video.
Contoh 1.3
Warna, jenis kelamin,
status perkawinan sangat baik dan sebagaimana.
b.
Data kuantitatif =
merupakan data yang berbentuk angka / bilangan. Sesuai dengan kriterianya, data
kuantitatif bisa diolah / dianalisis memakai teknik perhitungan statistika /
matematika.
Contoh 1.4
Tinggi ,umur, jumlah,
skor hasil belajar, temperature dll .
3.
Data berdasarkan
menurut susunannya
menurut susunannya, data dibagi atas
data acak atau data tunggal dan data berkelompok.
a.
Data acak/data
tunggal
Data acak/data tunggal adalah data yang
belum tersusun atau dikelompokkan kedalam kelas-kelas interval.
Contoh
1.1
Data hasil pengukuran berat siswa kelas
VIII ( dalam kg) ialah sebagai berikut :
35
|
37
|
30
|
40
|
38
|
30
|
33
|
31
|
32
|
40
|
39
|
37
|
35
|
34
|
33
|
32
|
36
|
36
|
34
|
34
|
32
|
36
|
38
|
39
|
40
|
35
|
30
|
32
|
33
|
32
|
30
|
34
|
39
|
40
|
38
|
37
|
29
|
35
|
38
|
37
|
29
|
29
|
38
|
35
|
27
|
b.
Data berkelompk
adalah data-data yang sudah tersusun atau dikelompokkan dalam kelas-kelas
interval. Data berkelompok disusun dalam bentuk distribusi frekuensi / tabel
frekuensi.
Contoh
1.2
Data nilai dan jumlah siswa yang
memperolehnya untuk pelajaran matematika kelas VIII ialah sebagai berikut.
Tabel 1.1 Tabel Penolong distribusi
frekuensi
Nilai
|
Turus
|
Frekuensi
|
1-2
3-4
5-6
7-8
9-10
|
III
|
3
5
10
15
7
|
Data berkelompok ini terbagi menjadi :
a.
Data kelompok diskrit
Data yang diperoleh dari hasil
menghitung termasuk dalam data diskrit (jumlah anak dan lain-lain)
b.
Data kelompok kontinu
Sebuah data dikatakan
berdistribusi kontinu apabila data tersebut diukur dalam skala kontinu atau
data yang didapat dari hasil mengukur contoh data kontinu (tinggi badan ,berat
badan, hasil belajar, motivasi belajar dan lain-lain.
4.
Data berdasarkan
menurut waktu pengumpulannya
menurut waktu pengumpulannya data
dibagi atas data berkala (time series) dan data cross section
a.
Data berkala (time
series)
Data berkala adalah data yang terkumpul
dari waktu ke waktu untuk memberikan gambaran perkembangan suatu kegiatan.
Contoh 1.5
Data perkembangan harga 9 macam bahan
pokok selama 10 bulan terakhir yang dikumpulkan setiap bulan.
b.
Data cross section
Data cross section adalah data yang
terkumpul pada sewaktu-waktu tertentu untuk memberikan gambaran perkembangan
keadaan atau kegiatan pada waktu itu.
Contoh 1.6
Data sensus penduduk tahun 2010, data
hasil ujian nasional siswa SMA tahun 2011 dan sebaginya.
5.
Data berdasarkan
menurut skala pengukurannya
Skala pengukuran adalah peraturan
penggunaan notasi bilangan dalam pengukuran. Menurut skala pengukurannya, data
dapat dibedakan atas empat jenis, yaitu data nominal, data ordital, data
interval dan data lainnya.
a.
Data nominal
Data nominal adalah data yang diberikan
pada objek atau kategori yang tidak menggambarkan kedudukan objek atau kategori
tersebut terhadap objek atau kategori lainnya,tetapi hanya sekedar label atau
kode saja. Data ini hanya mengelompokkan objek atau kategoru kedalam kelompok
tertentu. Data nominal memiliki cirri hanya dapat dibedaka antara data satu
dengan lainnya dan tidak bisa diurutkan /dibandingkan. Data ini mempunyai
cirri, yaitu :
1)
Kategori data
bersifat saling lepas ( satu objek hanya masuk pada satu kelompok saja)
2)
Kategori data tidak
disusun secara logis.
Contoh 1.7
Warna rambut, jenis kelamin,
etnis/suku, agama dan lain –lain.
b.
Data ordinal
Data ordinal adalah data yang penomoran
objek atau kategorinya disusun menurut besarnya, yaitu dari tingkah terendah ke
tingkat tertinggi atau sebaliknya dengan jarak/rentang yang tidak harus sama.
Data ini memiliki ciri seperti pada cirri data nominal ditambah satu ciri lagi,
yaitu kategori data dapat disusun/ diurutkan berdasarkan urutan logis dan
sesuai dengan besarnya katakteristik yang dimiliki.
Contoh 1.8
Tingkat pendidikan,
golongan pegawai, kasta, dan lain-lain.
c.
Data interval
Data interval adalah data dengan
objek/kategori yang dapat dibedakan antara data satu dengan lainnya, dapat
diurutkan berdasarkan suatu atribut dan meiliki jarak yang memberikan informasi
tentang interval antara tiap objek/kategori sama. Besarnya interval dapat
ditambah atau dikurangi. Data ini memili ciri sama sama dengan cirri pada data ordinal
ditambah satu cirri lagi, yaitu urutan kategori data mempunyai jarak yang sama.
Contoh
1.9
Temperature, skor IQ,
skor hasil belajar dan lain-lain.
d.
Data Rasio
Data rasio adalah data yang memiliki
sifat-sifat data nominal, data ordinal,a interval, dilengkapi dengan
kepemilikan nilai atau titik nol absolut/mutlak dengan makna empiric. Data
rasio dapat dibagi atau dikali.
Contoh 2.0
Umur, tinggi badan,
berat dan lain-lain.
2.8
PEDOMAN UNTUK MEMILIH TEKNIK STATISTIK
Teknik analisis statistik apa yang digunakan dalam
suatu penelitian yang digunakan haruslah teknik yang paling tepat.
Masing-masing teknik statistik mempunyai peruntukan masing-masing. Oleh karena
itu dalam memilih teknik statistik harus mempertimbangkan beberapa aspek, di
antaranya:
1. Jenis penelitian,
apakah hanya penelitian deskriptif atau penelitian yang mengambil suatu
kesimpulan (inferensial).
2. Jenis
hipotesis yang yang kita ajukan dalam penelitian. Peneliatian yang
beripotesis deskriptif, teknik analisisnya berbeda dengan penelitian yang
berhipotesis komperatif atau asosiatif.
3. Skala data dalam penelitian. Penelitian
yang mempunyai skala data nominal teknik yang digunakan berbeda dengan
penelitian yang berskala data ordinal dan rasio.
4. Normalitas data. Jika data penelitian
kita berdistribusi normal maka kita dapat menggunakan teknik analisis
paramatrik, namun jika tidak normal maka teknik statistik yang digunakan adalah
non
parametrik.
CONTOH
SOAL
1.
Berikan penjelasan perbedaan statistic dengan statistika?
Jawab:
v Statistik adalah kumpulan data dalam bentuk angka maupun bukan
angka yang disusun dalam bentuk tabel (daftar) dan atau diagram yang
menggambarkan atau berkaitan dengan suatu masalah tertentu.
Contoh :
a. Statistik
penduduk adalah kumpulan angka-angka yang berkaitan dengan masalah penduduk.
b. Statistik
ekonomi adalah kumpulan angka-angka yang berkaitan dengan masalah ekonomi.
v Statistika adalah ilmu yang
mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis,
menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya,
statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data.
2. Jelaskan
Variabel dilihat dari segi proses kuantifikasi ?
Jawab:
Adapun
Variabel dilihat dari segi proses kuantifikasi dibedakan menjadi sebagai
berikut :
v Variabel Nominal, yaitu variabel yang ditetapkan
berdasar atas proses penggolongan; variabel ini bersifat diskret dan saling
pilah (mutually exclusive) antara kategori yang satu dan kategori yang
lain; contoh: jenis kelamin, status perkawinan, jenis pekerjaan
v Variabel Ordinal, yaitu variabel yang disusun
berdasarkan atas jenjang dalam atribut tertentu. Jenjang tertinggi biasa diberi
angka 1, jenjang di bawahnya diberi angka 2, lalu di bawahnya di beri angka 3
dan seterusnya. (ranking)
v Variabel Interval, yaitu variabel yang dihasilkan dari
pengukuran, yang di dalam pengukuran itu diasaumsikan terdapat satuan (unit)
pengukuran yang sama. Contoh: variabel interval misalnya prestasi
belajar, sikap terhadap sesuatu program dinyatakan dalam skor, penghasilan dan
sebagainya.
v Variabel ratio, adalah variabel yang
dalam kuantifikasinya mempunyai nol mutlak. (Drs. Sumadi Suryabrata
.Metologi Penelitian. hal. 26-27)
3.
Jelaskan ruang lingkup statistika berdasarkan penggunaannya?
Jawab :
Berdasarkan ruang lingkup penggunaaanya atau berdasarkan
ilmu yang menggunakannya , statistic dapat dibagi menjadi beberapa macam :
1) Statistika Pendidikan
Statistika pendidikan adalah statistika yang digunakan atau
diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu pendidikan.
2) statistika sosial
statistika sosial adalah statistika yang digunakan atau
diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu sosial
3) Statistika kesehatan
Statistika kesehatan adalah statistika yang digunakan atau
diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu kesehatan
4) Statistika ekonomi
Statistika kesehatan adalah statistika yang digunakan atau
diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu ekonomi
5) Statistika pertanian
Statistika kesehatan adalah statistika yang digunakan atau
diterapkan pada bidang atau disiplin ilmu pertanian
6) Statistika bidang lainnya.
4.
Sebutkan peran, fungsi dan kegunaan statistic ?
Jawab :
PERAN STATISTIK DALAM PENELITIAN
1.
Peranan Stasistik
Dalam Penyusunan Model Teoritis
2.
Peranan Stasistik
Dalam Perumusan
3.
Peranan Statistik Dalam Pengembangan Alat Pengambilan datacomp
4.
Peranan Statistika Dalam penyusuanan Rancangan Penelitian
5.
Peranan Statistik Dalam Penentuan Sampel Penelitian
6.Peranan
Statistik Dalam pengelohan dana Analisis data (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/194009051964031-SUTARYAT_TRISNAMANSYAH/PERAN_STATISTIK_DALAM_PENELITIAN.pdf)
FUNGSI STATISTIKA
1.
Bank data, yaitu
meyediakan data untuk diolah dan diinter pretasikan agar dapat dipakai
menerangkan keadaan yang perlu diketahui atau diungkap;
2.
Alat quality control,
yaitu sebagai alat pembantu standarrisasi dan sekaligus sebagi alat pengawas;
3.
Pemecah masalah dan
pembuatan keputusan sebagi dasar penetapan kebijakan dan langkah lebih lanjut
untuk mempertahankan dan mengembangkan suatu lembaga dalam pemberian pelayan
dan sebaginya.
KEGUNAAN
STATISTIKA
1
Memperoleh gambaran,
baik gambaran secara umum maupun secara khusus tentang suatu gejala, peristiwa
atau obyek.
2
Mengikuti
perkembangan atau pasang surut mengenai gejala, keadaan, atau peristiwa dari
waktu kewaktu
3
Melakukan pengujian
apakah gejala yang satu berbeda dengan gejala yang lainnya ataukah tidak; jika terdapat perbedaan apakah perbedaan itu
merupakan perbedaan yang berarti(menyakinkan) atau kah perbedaan itu terjadi
hanya karna kebetulan.
4
Mengetahui apakah
gejala yang satu ada hubungan dengan gejala yang lainnya.
5
Menyusun laporan yang
berupah data kuantitatif dengan teratur, ringkas dan jelas.
6
Menarik kesimpulan
secara logis, mengambil keputusan secara tepat dan mantap, serta dapat
memperkirakan atau meramalkan hal-hal yang mungkin tejadi di masa mendatang.
5. Apa yang anda ketahui
tentang statistika parametric dan statistika non para metric?
Jawab :
v Statistika
parametric merupakan teknik uji statistika yang dilakukan terhadaap parameter
dari suatu variabel/objek secara
langsung.
v Sedangkan statistika non parametric merupakan
teknik uji statistika dilakukan terhadap sisi lain dari parameter suatu
variabel / objek yang akan dikaji. Misalkan akan dikaji tentang variabel
“tinggi badan mahasiswa” , maka jika data yang dianalisis dalam uji statistika
adalah ukuran dari tinggi badan secara langsung, hal tersebut merupakan ukuran
parametric;
v sedangkan
apabila kajian terhadap tinggi badan mahasiswa tersebut, dilakukan dengan cara
mengkaji urutan atau peringkat / rangking dari tinggi badan mahasiswa, hal ini
menunjukkan ukuran non parametric. Karena peringkat tinggi badan merupakan
“sisi lain” dari “ukuran” tinggi badan.
6.
Jelaskan karakteristik statistika sebagai ilmu pengetahuan?
Jawab :
Sebagai ilmu pengetahuan ,statistika mempunyai karakteristik
sebagai berikut :
a.
statistika
selalu bekerja dengan angka atau bilangan yang disebut dengan data kuantitatif.
Hal ini dimaksudkan apabila statistika dipergunakan sebagai alat analisis bagi
data kualitatif (bahan/keterangan yang tidak berwujud angka atau bilangan ),
maka data kualitatif tersebut harus diubah atau dikonversikan terlebih dahulu
menjadi data kuantitfikan.
b.
Statistika
bersifat obyektif
Kesimpulan dan ramalan yang dihasilkan oleh statistika
didasarkan pada angka yang diolah (obyektif) dan tidak didasarkan pengaruh dari
luar (subyektif).
c.
statistika
bersifat universal
ruang lingkup statistic atidaklah sempit ,ruang lingkupnya
sangat luas dalam kehidupan manusia baik dibidang perdagangan, pertanian,
kependudukan pendidikan, dan sebaginya.
7.
Berikan pengertian populasi dan sampel menurut pemahaman
anda?
Jawab :
Populasi
adalah objek atau subyek yang berada pada suatu wilayah dan memenuhi
syarat-syarat tetentu berkaitan dengan masalah atau objek penelitian.
Sampel
adalah bagian dari populasi yang mempunyai ciri-ciri atau keadaan tertentu yang
akan diteliti. Sampel dalam penelitian kuantitatif merupakan subjek penelitan
yang dianggap mewakili populasi, dan biasanya disebut responden penelitian.
8.
Sebutkan keuntungan dari penggunaan sampel dalam penelitian?
Jawab :
Adapun keuntungan dari penggunaan sampel dalam penelitian :
a.
memudahkan
peneliti karena jumlah sampel lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan
populasi, selain itu bila populasi, selain itu bila populasinya terlalu besar
dikhawatirkan akan terlewati.
b.
Penelitian
lebih efektif dan efisien
c.
Lebih
teliti dan cermat dalam pengumpulan data, karena sering dialami oleh staf
bagian pengumpul data mengalami kelelahan sehingga pencatatan data tidak
akurat.
9.
Jelaskan pengertian variabel berdasarkan klasifikasinya?
Jawab :
a.
Variabel
kualitatif (qualitative variable) merupakan variabel kategori. Misalnya: Jenis
pekerjaan seseorang ( sopir, binisman, guru), disiplin karyawan ( bagus, jelek,
sedang), jabatan dalam perusahaan ( supervisor, manajer, kepala bagian).
Variabel kualitatif adalah variabel dengan skala nominal dan ordinal.
b.
Variabel
kuantitatif (quantitative variable)
disebut pula variable numeric diklasifikasikan menjadi dua jeni, yaitu:
variable diskret (discrete variable)
dan variable kontinu (continous variable).
Variabel diskret merupakan variable yang besarannya tidak dapat menempati semua
nila. Nilai variable diskret selalu berupa bilangan bulat dan umumnya diperoleh
dari hasil pencacahan/menghitung/membilang. Contoh: Jumlah kantor pos yang ada
di Jakarta tahun 2010 berjumlah 175 kantor pos, jumlah yang melahirkan I kota
Bogor tahun 2005 adalah 100.000 orang.
10.
Jelaskan jenis jenis variabel dilihat dari fungsinya !
Jawab :
·
Variabel Tergantung (Dependent Variabel) : Yaitu kondisi atau
karakteristik yang berubah atau muncul ketika penelitian mengintroduksi,
pengubah atau mengganti variabel bebas. Menurut fungsinya variabel ini
dipengaruhi oleh variabel lain, karenanya juga sering disebut variabel yang
dipengaruhi atau variabel terpengaruhi. Variabel ini sering disebut sebagai
variabel output, Kriteria, Konsekuen. Atau dalam bahasa Indonesia sering
disebut Variabel terikat. Dalam SEM (Structural Equation Modeling)
variabel dependen disebut variabel Indogen.*
·
Variabel Bebas ( Independent Variabel) : Adalah kondisi-kondisi
atau karakteristik-karakteristik yang oleh peneliti dimanipulasi dalam
rangka untuk menerangkan hubungannya dengan fenomena yang diobservasi. Karena
fungsi ini sering disebut variabel pengaruh, sebab berfungsi mempengaruhi
variabel lain, jadi secara bebas berpengaruh terhadap variabel lain. Variabel
ini juga sering disebut sebgai variabel Stimulus, Prediktor,
antecendent. Dalam SEM(Structural Equation Modeling) variabel
independen disebut variabel eksogen.
·
Variabel Intervening : Variabel intervenig adalah variabel yang secara
teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan Variabel
dependen menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan
diukur. Variabel ini merupakan variabel penyela/antara yang terletak di antara
variabel independen dan dependen, sehingga variabel independen tidak langsung
mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel dependen. Variabel Intervening
juga merupakan variabel yang berfungsi menghubungkan variabel satu dengan
variabel yang lain. Hubungan itu dapat menyangkut sebab akibat atau hubungan
pengaruh dan terpengaruh.
·
Variabel Moderator : Dalam mengidentifikasi variabel moderator dimaksud
adalah variabel yang karena fungsinya ikut mempengaruhi variabel tergantung
serta meperjelas hubungan bebas dengan variabel tergantung.
·
Variabel kendali : Yaitu yang membatasi (sebagai kendali) atau mewarnai
variabel mederator. Variabel ini berfungsi sebagai kontrol terhadap variabel
lain terutama berkaitan dengan variabel moderator jadi juga seperti
variabel moderator dan bebas ia juga ikut berpengaruh terhadap variabel
tergantung
·
Variabel Rambang : Berlainan dengan variabel bebas, yaitu fungsinya
sangat diperhatikan dalam penelitian. Variabel rambang yaitu variabel yang
fungsinya dapat diabaikan atau pengaruhnya hampir tidak diperhatikan terhadap
variabel bebas maupun tergantung. (Drs.Colid Narbuko,Drs.H Abu
Achmadi.2004.Metode Penelitian. Jakarta:Bumi Aksara Hal.119-120)
11.
Apa yang anda ketahui tentang penelitian kualitatif dan
kuantitatif ?
Jawab :
Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang
bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis sedangkan
penelyian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap
bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Ada perbedaan
mendasar antara keduanya yaitu dalam penelitian kuantitatif, penelitian
berangkat dari teori menuju data, dan berakhir
pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan; sedangkan dalam
penelitian kualitatif peneliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada
sebagai bahan penjelas, dan berakhir dengan suatu “teori”.
12.
Jelaskan pembagian data menurut skala pengukurannya di
sertai contoh masing masing( minimal 2 jenis contoh) ?
Jawab :
1. Data
Nominal
Data
nominal adalah data yang diberikan pada objek atau kategori yang tidak
menggambarkan kedudukan objek atau kategori tersebut terhadap objek atau
kategori lainnya. Data nominal biasanya digunakan sebagai kode. Hanya
mengelompokkan kategori berdasarkan kelompok tertentu. Ciri dari data ini yaitu
kategori data bersifat saling lepas ( satu obyek hanya masuk pada satu kelompok
saja) dan kategori data tidak disusun secara logi
Contoh:
·
Jenis
kelamin: 1 untuk pria dan 0 untuk wanita.
- Opsi Jawaban benar salah: 0 jika jawaban salah, 1 jika
jawaban benar
2. Data
Ordinal
Data ordinal merupakan data yang
penomoran objek atau kategorinya disusun menurut besarnya, dari tingkat
terendah ke tingkat tertinggi atau sebaliknya, jarak/rentang data tidak harus
sama. Ciri dari jenis data ini adalah kategori data dapat disusun berdasarkan
urutan logis dan sesuai dengan besarnya karakteristik yang dimiliki. Selebihnya
memiliki ciri yang sama dengan data nominal.
Contoh:
Contoh:
Mengubah nilai angka ke nilai huruf:
86-100 medapat nilai A
71-85 mendapat nilai B
61-70 mendapat nilai C
46-60 mendapat nilai D
3.
Data Interval
Data interval merupakan data dimana
obyek / kategori dapat diurutkan berdasarkan suatu atribut yang memberikan
informasi tentang interval antara tiap obyek/kategori sama. Besar interval
dapat di tambah atau dikurangi. Ciri dari jenis data ini sama dengan data
ordinal, tetapi urutan kategori data mempunyai jarak yang sama.
Contoh:
Contoh:
A B C D E
1 2 3 4 5
Interval A sampai C adalah 3-1=2, kedua interval dapat dijumlahkan. Pada data ini yang dijumlahkan bukan kuantitas atau besaran, melainkan intervalnya, pada data ini tidak terdapat titik nol absolut.
4.
Data Rasio
Data rasio memiliki sifat-sifat data
nominal, data ordinal dan data interval, dilengkapi dengan titik nol absolut.
Karena terdapat angka nol maka pada data ini dapat dibuat perkalian atau
pembagian. Angka pada data menunjukkan nilai yang sebenarnya dari objek/kategori
yang diukur
Contoh:
Nilai si-O sebesar 50, nilai si-Z sebesar 100. Ukuran rasionya dapat dinyataka bahwa nilai si-Z adalah 2 kali nilai si-O.
Nilai si-O sebesar 50, nilai si-Z sebesar 100. Ukuran rasionya dapat dinyataka bahwa nilai si-Z adalah 2 kali nilai si-O.
13. Berikan penjelasan tentang data yang di sertai contoh
masing masing menurut
a. susunannya
b.sifatnya
c.waktu pengumpulan dan sumber
pengambilanya
Jawab :
A.
Susunannya
1.
Data
Acak atau Data Tunggal : Data yang belum
tersusun atau dikelompokkan kedalam kelas-kelas interval.
Contoh : Data hasil pengukuran berat siswa kelas VIII (dalam
kg) ialah sbb :
35
|
37
|
30
|
40
|
38
|
30
|
33
|
31
|
32
|
40
|
39
|
37
|
35
|
34
|
33
|
32
|
36
|
36
|
34
|
33
|
32
|
36
|
38
|
39
|
40
|
35
|
30
|
32
|
34
|
32
|
30
|
34
|
39
|
40
|
38
|
37
|
29
|
35
|
38
|
37
|
29
|
29
|
38
|
35
|
27
|
2.
Data
Berkelompok : Data yang sudah tersusun atau dikelompokkan kedalam kelas-kelas
interval. Data kelompok disusun dalam bentuk distribsui frekuensi. Contoh :
Data
nilai dan jumalh siswa yang memperolehnya untuk pelajaran matematika sbb :
Nilai
|
Turus
|
Frekuensi
|
1-2
3-4
5-6
7-8
9-10
|
III
|
3
5
10
15
7
|
B.
Sifatnya
1.
Data
kualitatif : data yang tidak berbentuk bilangan yang berbentuk pernyataan
verbal, symbol atau gambar. Contoh : warna, jenis kelamin, status perkawinan,
sangat baik dan sebagaimana
2.
Data
kuantitatif : data yang berbentuk bilangan, atau data kualitatif yang
diangkakan. Contoh : tinggi, umur, jumlah, skor hasil belajar, temperature.
C.
Waktu
pengumpulannya dan sumber pengambilannya
1.
Data
Berkala (time series) : data yang terkumpul dari wktu ke waktu untuk memberikan
gamabaran perkembangan suatu kegiatan. Contoh :data perkembangan harag 9 macam
bahan poko selama 10 bulan terakhir yang dikumpulkan setiap bulan.
2.
Data
Cross Section : data yang terkumpul pada suatu waktu tertentu untuk memebrikan
gambaran perkembangan keadaan pada waktu itu. contoh : data hasil ujian
nasional siswa SMA tahun 2011
3.
Data primer : data yang diperoleh oleh orang
yang melakukan penelitian.
4.
Data
sekunder : data yang diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada dan biasanya
diperoleh dari perpustakaan atau peneliti yang terdahulu.
14. Jelaskan
perbedaan data time series dan cross section ?
Jawab :
Data berkala (time
series)adalah data yang terkumpul dari waktu ke waktu untuk memberikan gambaran
perkembangan suatu kegiatan. Misal, data perkembangan harga 9 macam bahan
pokok selama 10 bulan terakhir yang dikumpulkan setiap bulan.
Sedangkan data cross section adalah data yang terkumpul pada
sewaktu-waktu tertentu untuk memberikan gambaran perkembangan keadaan atau
kegiatan pada waktu itu. Misalkan, data sensus penduduk tahun 2010, data
hasil ujian nasional siswa SMA tahun 2011 dan sebaginya.
15. Apa yang di maksud dengan prosedur penelitian dan sebutkan
langkah -langkahnya?
Jawab :
Prosedur penelitian yaitu langkah-langkah untuk memudahkan
melakukan penelitian. Langkah-langkahnya, yaitu :
- perencanaan, penelitian, meliputi : penentuan tema/masalah,
studi pendahulaun, penyusunan proposal, pengembangan instrument, proses
perizinan, dll.
- pengumpulan data
- pengolahan
- penyajian data kedalam bentuk table maupun grafik
- analisa dan iterpretasi data
- penyusunan laporan
16.Sebutkan
perbedaan paradigma penelitian kualitatif dan kuantitatif dari segi metodologi
?
Jawab
:
Penelitian Kuantitatif
|
Penelitian Kualitatif
|
A. Desain
a.
Spesifik, jelas, rinci
b.
Ditentukan secara mantap sejak awal
3c.
Menjadi pegangan langkah demi langkah
|
A. Desain
a. Umum
b.
Fleksibel
c.
Berkembang dan muncul dalam proses penelitian
|
B. Tujuan
a.
Menunjukkan hubungan antarvariabel
b.
Menguji teori
Mencari
generalisasi yang mempunyai nilai prediktif
|
B. Tujuan
a.
Menentukan pola hubungan yang bersifat interaktif
b.
Menemukan teori
c.
Menggambarkan realitas yang kompleks
d.
Memperoleh pemahaman makna
|
C. Teknik Pengumpulan Data
a.
Kuesioner
b.
Observasi dan wawancara terstuktur
|
C. Tenik Pengumpulan Data
a. Participant
observation
b. In
dept interview
c. Dokumentasi
d.
Trianggulasi (gabungan)
|
D. Instrumen Penelitian
a. Test,
angket, wawancara terstruktur
b.
Instrumen yang telah terstandar
|
D. Instrumen Penelitian
a.
Peneliti sebagai Instrumen (human instrumen)
b. Buku
catatan, tape recorder, camera, handycam dan lain-lain
|
E. Data
a.
Kuantitatif
b.
Hasil pengukuran variabel yang dioperasionalkan dengan menggunakan instrument
|
E. Data
a.
Deskriptif kualitatif
b.
Dokumen pribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden, dokumen dan
lain-lain
|
F. Sampel
a. Besar
(minimal 30)
b.
Representatif
c.
sedapat mungkin random
d.
Ditentukan sejak awal
|
F. Sampel
a. Kecil
b. Tidak
representatif
c.
Purposive, Snowbaal
d.
Berkembang selama proses penelitian
|
G. Analisis
a.
Setelah selesai pengumpulan data
b. Deduktif
c.
Menggunakan statistik untuk menguji hipotesis
|
G. Analisis
a. Terus
menerus sejak awal hingga akhir penelitian
b.
Induktif
c.
Mencari pola, model, thema, teori
|
H. Hubungan dengan Responden
a.
Dibuat berjarak, bahkan sering tanpa kontak supaya obyektif
b.
Kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden
c.
Jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan
|
H. Hubungan dengan Responden
a.
Empati, akrap supaya memperoleh pemahaman yang mendalam
b.
Kedudukan sama bahkan sebagai guru atau konsultan
c. Jangka
lama, sampai datanya jenuh, dapat ditemukan hipotesis atau teori
|
17. Apa yang dimaksud dengan Variabel Kualitatif dan Variabel
Kuantitatif ?
Jawab:
Qualitative Variable, adalah
variabel yang datanya berupa data kualitatif (skala nominal atau ordinal). Sedangkan Quantitative Variable, adalah
variabel yang datanya berupa angka (skala ordinal, interval, atau rasio)
18. Sebutkan cara memilih variable bebas
dan variable terikat ?
Jawab :
Variable bebas :
1. Mengoperasionalkan Variabel Bebas
2. Menguji Manipulasi Variabel
3.
Penafsiran Hasil Penelitian
4.
Status Variabel
Variabel terikat
1.
Mengoperasionalkan Variabel Terikat
2)
Validitas
3.
Reaktivitas
4.
Pertimbangan Prosedural
Latihan
dan Soal tes/evaluasi berikut penyelesaiannya
dalam kasus-kasus pembelajaran fisika
DAFTAR PUSTAKA
http://toto.besaba.com/2013/06/pengertian-statistika-dan-macam-macamnya/#more-76
0 komentar:
Posting Komentar